Jakarta, Selular. ID – Seperti diketahui sebelumnya perusahaan Nintendo, menyebutkan bahwa laba operasional mereka meroket 428% pada kuartal pertama tahun fiskal 2020, pada April hingga Juni 2020. Peristiwa ini mencerminkan industri video game telah mendapat manfaat dari pandemi Covid-19.

Tidak beradu di situ, perusahaan pun mengutarakan bahwa Nintendo mencatat rekor pemasaran tertinggi pada bulan Oktober dalam Amerika Serikat. Pada bulan itu, perusahaan mengungkap bahwa penjualan mencapai angka 735. 926 unit.

Dilaporkan Gadget Ndtv, nilai penjualan ini merupakan produk sebab Nintendo Switch, yang dirilis dalam 2017, dan Nintendo Switch Lite yang dirilis pada 2019.

Pihak Nintendo mengungkapkan, bahan penjualan ini menjadikan penjualan tertinggi kedua setelah konsol Wii.

Pada 2008 lalu, konsol Wii berhasil terjual hingga 807. 000 unit. Seri Nintendo Switch menjadi penjualan terkuat kedua mematok saat ini. Menurut data NPD, Nintendo Switch telah menjadi konsol video game terlaris di semua konsol selama 23 bulan berturut-turut.

Di AS, Nintendo Switch telah terjual lebih dibanding 22, 5 juta unit. Untuk penjualan secara global, konsol itu telah terjual hingga 63 juta unit.

Seperti diketahui harga Nintendo mengalami kenaikan serta barang terbatas. Sebelum pandemi covid-19 melanda Negeri Paman Sam, Nintendo Switch dijual seharga USD299 ataupun berkisar Rp4, 8 juta.

Namun di tengah mewabahnya virus itu, konsol game itu dihargai USD399 berkisar Rp6, 6 juta.

Walaupun menjalani kenaikan harga, namun seperti dilaporkan GameSpot, Switch sulit ditemukan, makin banyak toko yang kehabisan stok barangnya. Sekalipun ada, harganya bertambah mahal dari biasanya.

Kelangkaan terjadi karena ada masalah dalam proses suplai. AS memang tidak menetapkan pembatasan wilayah atau lockdown, tetapi pabrik yang memasukkan Switch ke sana berasal sebab China.

Baca Pula: Dirilis Semakin Dekat, Nintendo Switch Pro Pakai Layar Ini

Seperti diketahui sebelumnya, China dilanda corona. Akibatnya banyak bengkel di sana yang memutuskan buat menutup sementara operasionalnya.

Dan Amerika Serikat merupakan pasar terbesar Nintendo Switch, porsinya menyentuh 43% sementara Eropa 27% serta pasar lokal (Jepang) hanya 21%.